Wednesday, July 20, 2016

Resep Mie Kocok Khas Bandung Asli


Resep Mie Kocok - Kota Bandung memang selain terkenal dengan sejarahnya sebagai Bandung Lautan Api dan Kota Paris Van Java, kini Bandung lebih terkenal sebagai Kota fashion dan Kota Kuliner karena di Bandung banyak melahirkan berbagai mode fashion lokal dan aneka jajanan tradisional hingga modern yang menjadi sangat kekinian.

Salah satu kuliner Bandung yang membuat lidah kami merasa ketagihan untuk menikmatinya lagi adalah semangkuk Mie Kocok Khas Bandung. Pada awalnya kami pribadi merasa aneh dengan nama Mie Kocok, namun berawal dari rasa penasaran tersebut sehingga tanpa sengaja kami mengunjungi kedai kecil yang menjual Mie Kocok di sekitar kota Bandung. Kesan pertama melihat tampilannya, kami merasa biasa saja karena secara fisik hampir sama dengan Mie Bakso pada umumnya, hanya saja Mie Kocok ini ada tambahan potongan Kikil sapi diatasnya. Namun ketika lidah mulai menyeruput sesendok kuahnya, segarnya luar biasa. Segar alami yang dihasilkan dari kaldu sapi asli membuat ie Kocok ini terasa berbeda dengan kuah bakso atau kuah lainnya.

Selain kesegaran kuahnya, rasa dari Mie Kocok tersebut juga sangat enak karena perpaduan bahan yang digunakan sangat pas, kikilnya juga sangat lunak dan tidak berbau amis. Tampilan memang biasa, tetapi rasanya benar-benar juara. Dari pengalama pribadi tersebut, kami tergiur untuk mencoba membuat Mie Kocok sendiri. Dari berbagai sumber kami mencari Resep Mie Kocok yang sekiranya anti gagal, karena sayang bahannya kalau sampai gagal.

Resep Mie Kocok Khas Bandung ini terbilang mudah untuk dipraktekkan sendiri di rumah. Bahan dan berbagai alat yang digunakan untuk membuatnya pun dapat diperoleh di pasar tradisional maupun pasar modern. Maka, apabila di daerah tempat tinggal anda belum ada penjual Mie Kocok, lebih baik membuatnya sendiri di rumah dan jika hasilnya memuaskan dapat anda jadikan sebagai peluang bisnis kuliner juga. Berikut Resep Mie Kocok Khas Bandung asli yang sangat mudah untuk dipraktekkan di rumah.
Resep Mie Kocok
Resep Mie Kocok

Bahan Resep Mie Kocok :

  1. Siapkan 1 bungkus mie telur kemasan (rendam air hingga lunak/kenyal, lalu tiriskan)
  2. Siapkan 500 gram tulang kaki sapi (ukuran kecil tidak apa)
  3. Siapkan potongan kikil sapi secukupnya (potong dadu kecil, rebus hingga benar-benar empuk)
  4. Siapkan 200 gram tauge (bersihkan, siram air panas, lalau tiriskan)
  5. Siapkan air secukupnya (untuk rebusan dan kuah) 
  6. Siapkan minyak secukupnya untuk menumis bumbu halus

Bumbu Halus Resep Mie Kocok :

  1. Siapkan 10 siung bawang merah
  2. Siapkan 4 siung bawang putih
  3. Siapkan 1 buah kemiri
  4. Siapkan 1 sendok makan ebi
  5. Siapkan 2 lembar daun salam
  6. Siapkan 2 batang serai
  7. Siapkan 3 lembar daun jeruk
  8. Siapkan 1 ruas jahe

Bahan Pelengkap Resep Mie Kocok :

  1. Siapkan daun bawang dan seledri secukupnya (potong tipis sesuai selera)
  2. Siapkan bawang goreng secukupnya
  3. Siapkan potongan jeruk nipis secukupnya
  4. Siapkan sambal uleg
  5. Siapkan kecap manis

Cara Membuat Resep Mie Kocok :

  1. Langkah pertama membuat Kaldu: didihkan air lalu masukkan kaki sapi, masak sampai empuk. Angkat potong kaki sapi kecil kecil. Masukkan lagi potongan kaki sapi tersebut ke dalam kuah.
  2. Langkah kedua, Panaskan minyak lalu tumis bumbu yg telah dihaluskan, dan masukkan serai,salam,jahe,daun jeruk lalu aduk sampai bumbu matang dan mengeluarkan minyak.
  3. Kemudian, masukkan tumisan bumbu yang sudah matang kedalam kaldu yang tadi sudah dibuat. Aduk hingga merata. Posisi kaldu sedang di panaskan lagi pada saat mencampurkan tumisan bumbu halus tersebut.
  4. Penyajian : Siapkan mangkuk saji, lalu tata mie yang sudah matang,tauge,daun bawang, seledri, potongan kikil, bawang goreng kemudian siram dengan kaldu panas. Sajikan dengan bahan pelengkap sambal, kecap, perasan jeruk nipis. 
Anda dapat menambahkan kerupuk saat menyantap Mie Kocok. Nikmati Mie Kocok selagi hangat. Pada saat kondisi cuaca sedang dingin, maka menu Mie Kocok ini sangat cocok untuk dijadikan santapan anda bersama keluarga atau teman di rumah. Demikian Cara Membuat Dan Resep Mie Kocok Khas Bandung Asli yang mudah untuk dipahami dan mudah untuk dipraktekkan sendiri di rumah. 

Ada berbagai resep pilihan yang telah kami sajikan di dalam zonamakan.blogspot.com dengan penyajian resep yang mudah untuk dimengerti pembaca, sehingga dapat memandu anda dalam proses memasak resep yang anda pilih disini. Sebelumnya kami telah menyajikan 3 Menu Terfavorit Di Angkringan Jogja Istimewa yang wajib anda coba juga dirumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaata


EmoticonEmoticon